Thinpreppaptest.net

The Thin Prepap Test
Berikut 4 Jenis Penyebab Ruam Merah di Kulit Anak

Ruam merupakan peradangan dan perubahan warna yang terjadi pada kulit. Bentuk-bentuk reaksi kulit yang terjadi bisa berupa timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, atau iritasi. Anda harus mengenali beberapa penyebab ruam agar mengetahui cara mengobatinya. Berikut ulasan mengenai 4 jenis penyebab ruam merah di kulit anak yang perlu Anda ketahui.

  1. Ruam Merah Pertanda Cacar Air

Ruam merah di kulit anak bisa disebabkan karena si kecil mengalami cacar air. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang sangat umum, dan menyebabkan bercak merah dan gatal di daerah dada dan punggung. Akan tetapi, bisa juga timbul di seluruh bagian tubuh.

Bercak merah tersebut nanti lama-lama akan berubah menjadi bintil seperti tetesan air yang lalu mengering dan menjadi koreng. Biasanya anak akan merasa tidak enak badan sebelum ruam tersebut muncul.

Saat anak mengalami kondisi ini, ada baiknya orang tua segera membawa si kecil ke dokter. Usahakan juga agar si kecil tidak merasa panas, dan potong kuku anak untuk mengantisipasi luka garukan. Berikan juga lotion untuk mengurangi rasa gatal dan berikan obat perda demam yang sesuai.

  1. Ruam Merah Pertanda Penyakit Fifth

Penyakit ini juga dikenal sebagai slapped cheek disease, karena ruam tersebut tampak seperti bekas tamparan di pipi anak. Infeksi ringan ini biasanya disebabkan oleh parvovirus. Ruam merah ini biasanya akan muncul di wajah, namun juga bisa menyebar ke badan dan tidak jarang anak mengalami sakit persendian.

  1. Ruam Merah Pertanda Penyakit Campak

Penyakit ini terbilang sangat menular dan disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi berkisar 10 -14 hari. Gejala penyakit campak biasanya muncul dan diawali dengan demam tinggi yang diikuti oleh gejala seperti flu. Setelah 4 hari, lalu akan muncul ruam kemerahan yang diawali di wajah lalu bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Saat ruam tersebut memudar, maka warnanya akan berubah menjadi kecokelatan. Ada kemungkinan anak akan mengalami sakit mata, batuk, hingga sakit telinga yang membuatnya menderita.

Apabila kondisi si anak semakin memburuk hingga sulit bernapas, ada baiknya Anda segera membawanya ke dokter. Selain itu, bujuklah dia untuk banyak minum, memberinya obat penurun panas demam, dan jauhkan dari anak atau orang dewasa yang belum terkena campak.

  1. Ruam Merah Pertanda Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut

Infeksi virus ini tidak begitu menular dan biasanya berlangsung selama seminggu. Selain itu, bisa menyebabkan bercak dan bintil lepuhan pada telapak tangan, kaki, dan juga mulut. Ada baiknya Anda segera memeriksakan anak ke dokter jika mengalami gejala ini.

Nah, itu dia ulasan mengenai 4 jenis penyebab ruam merah di kulit anak yang patut Anda ketahui. Anda bisa berdiskusi mengenai masalah ibu dan anak di berbagai forum diskusi di orami.co.id. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berbelanja berbagai kebutuhan ibu dan anak dengan harga murah dengan kualitas terbaik di Orami.

shares