Thinpreppaptest.net

The Thin Prepap Test
Ciri-Ciri Kontraksi Menjelang Waktu Persalinan

Bagi Anda yang baru pertama kali hamil, mungkin tidak dapat membedakan atau belum tahu ciri kontraksi menjelang waktu persalinan. Kontraksi merupakan tanda waktu melahirkan sudah dekat. Agar dapat mengetahui waktu persalinan dengan tepat, berikut ini adalah pembahasan tentang ciri ciri kontraksi persalinan.

Peningkatan Kontraksi Palsu

Ibu hamil harus paham juga perbedaan kontraksi palsu dan kontraksi persalinan. Kontraksi palsu sering muncul pada beberapa minggu dan meruapakan salah satu ciri waktu melahirkan sudah dekat. Kontraksi ini merupakan hal yang normal terjadi, kontraksi palsu merupakan persiapan pembukaan rahim dan jalan lahir.

Kontraksi palsu bisa terjadi sejak usia kehamilan 24 minggu atau pada trimester akhir. Anda akan merasakan pengerasan pada perut kemudian rileks lagi. umumnya kontraksi tidak menumbulkan rasa sakit. Kontraksi ini sering muncul ketika lelah, dehidrasi atau terlalu banyak beraktivitas. Frekuensinya akan meningkat saat semakin dekat dengan persalinan.

Bayi Bergerak ke Panggul

Saat waktu persalinan semakin dekat Anda akan merasakan janin bergerak lebih rendah ke panggul dan bersiap-siap untuk keluar. Hal ini umum terjadi saat posisi bayi tepat di bawah tulang rusuk Anda selama beberapa minggu terakhir.

Mual saat Hamil Tua Hingga Diare

Mual saat hamil tidal hanya terjadi pada trimester pertama tapi juga dapat terjadi pada akhir kehamilan dan  menjelan persalinan. Hal ini juga sering disertai dengan diare, diare disebabkan karena semua otot melonggar saat mendekati waktu persalinan termasuk otot rectum.

Keluar Lendir

Lendir di dekat leher rahim yang melindungi bayi dari bakteri akan keluar saat serviks mulai melunak. Umumnya berwarna kecoklatan atau bisa juga seperti noda darah dan keluar tepat sebelum persalinan tau beberapa hari sebelumnya. Tetapi tidak semua ibi menyadari sumbat lendirnya telah keluar.

Nyeri Punggung Teratur

Kontraksi persalinan menyebabkan nyeri punggung dan di sekitar perut secara terus-menerus bersama dengan tekanan di panggul. Beberapa kasus dapat menyebabkan rasa sakit hingga ke pinggang dan paha. Gambaran kontraksi ini digambarkan oleh beberapa wanita terasa seperti sakit menstruasi kuat atau seperti kram diare kuat.

Kontraksi Lebih Sering dan Progresif

Perbedaan ciri-ciri kontraksi persalinan dengan konttraksi palsu yang paling menonjol adalah intensitasnya. Meskipun pada kontraksi awal sulit dibedakan karena intensitasnya yang tidak beraturan. Tapi semakin lama pola, jarak dan frekuensi kontraksi akan semakin stabil dan semakin terasa lama.

Kontraksi persalinan datang secara berkala, misalnya seetiap lima atau tujuh menit sekali dan berlangsung selama 30-70 detik. Untuk lebih mudah cek kontraksi Anda menggunakan jam tangan atau stopwatch, catat kapan dan berapa lama kontraksi berlangsung. Jika sesuai dengan penjelasan di atas sebaiknya Anda segera menghubungi dokter atau bidan.

Mengetahui ciri-ciri kontraksi sangat penting untuk menentukan kapan waktu persalinan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Berbagai artikel sejenis dan informasi seputar parenting dapat Anda baca di Orami Magazine dengan mengnjungi laman orami.co.id

shares